Kolaborasi
Antar muka Otomotif Multimedia
Kolaborasi Antar muka Otomotif
Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker)
untuk menciptakan standar umum yang
digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik,
seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki
anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan,
PSAPeugeot-Citroen, Renault. Sedangkan Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) adalah mengembangkan dan standarisasi yang umum
multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan
komunikasi. Sejarah AMICThe Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis
komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan.
Inisiatif ini yang pendiri Daimler
Chrysler, Ford,General Motors, Renault dan Toyota sekarang kelompok semua
auto utama pembuat, gandengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru
untuk mencapai suatu set umum industri mobil. Untuk berbagai alasan, kendaraan
telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang
ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain
waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil menunda penerimaan
teknologi baru.
Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi seperti
otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk
menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standarisasi. Depan yang berbeda,
The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi (AMI-C) mengumumkan di seluruh
dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke TradeAssociation
1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
•AMI
-C 3023 Power Management Specification
•AMI
-C 3013 Power Management Architecture
•AMI
-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power
Management
•AMI
-C 3034 Power Management Test Documents
•AMI
-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
Tujuan dari kolaborasi antar muka
otomotif multimedia antar lain :
·
Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untukmenggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi dari sistemnavigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil sepertiairbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan memotong biaya keseluruhan informasi
kendaraan dan peralatan hiburan denganmeningkatkan ukuran pasar yang efektif
dan memperpendek waktu pengembangan
·
industri otomotif efektif terdiri dari
banyak pasar yang kecil karena setiap platformkendaraan sering mengandung
berbagai adat-mengembangkan komponen dan platformyang khas hanya sekitar 50.000
unit.
·
Menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraandan antara kendaraan dan
dunia luar
Implementasi dari otomotif multimedia
dalam berbagai bidang kehidupan
Implementasi Otomotif Multimedia dalam
Bidang Industri Mobil adalah pengembangan serangkaian spesifikasi umum untuk
multimedia interface ke sistem elektronik
kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam
kendaraan. Inisiatif ini dilakukan oleh pendiri BMW, Daimler Chrysler, Ford,
Fiat, GeneralMotors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault,
Toyota, dan VW.
Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur
penerbangan yang transit dibandara bisa
di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi
dengan peralatan komputer. Bahkan
setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa diterbangkan otomatis dengan
pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer. Dengan komputer,
narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal.
Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat
menggunakan komputer.
Bidang industri Otomotif
Mobil - mobil di buat dari kerangka
body, mesin, peralatan elektronik di pabrik
dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan lebih akurat.
Dengan bantuan komputer perusahaan otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan
perbulan, yang tidak mungkin
dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
Implementasi Kolaborasi Antarmuka
Otomotif Multimedia pada Nissan Motor Company
Nissan Motor Company telah berkerjasama
dengan Intel (Produsen mikroprosessor terbesar didunia) yang akan menjadi
memasok prosesor untuk peranti infotaiment Nissan. Dengan Teknologi
twin-display yang dikembangkan Intel dapat memperkaya fitur informasi di mobil,
menurut Andy Palmer, Wakil Presiden Eksekutif, Nissan Motor Company dan
Infiniti. Kedua perusahaan telah melakukan kerjasama sensor dan kamera
monitor belakang agar kerja pengemudi makin mudah saat parkir. Nantinya, juga
akan digunakan chip atau barcode dilayar ponsel yang
berfungsi sebagai pengganti kunci mobil konvensional.
•
Kelebihan :
1.
Menyediakan interface standar untuk memungkinkan
pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat
komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui
manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis,
untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan
untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan
diagnostik input / output.
2.
Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem
elektronik kendaraan.
3.
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan
peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
4.
Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk
informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
•
Kekurangan :
1.
Dengan system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang
terdapat pada system ini pasti di jual dengan harga mahal.
2. Dengan
system AMIC ini setiap dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti
rentan rusak dikarenakan banyaknya komponen elektronik. Nah bila terjadi
kerusakan harus segera diperbaiki, bila tidak ingin terjadi kerusakan yang
lebih besar.
3.
Dengan system AMIC ini setiap dari kendaraan yang
terdapat pada system ini pasti rentan rusak dikarenakan banyaknya komponen
elektronik.
•
Saran :
1.
Kemajuan teknologi semakin pesat, perpaduan akan teknologi computer dan
otomotif menghasilkan produk yang sangat luar biasa. Perkembangan ini sangat
memudahkan manusia guna memenuhi kebutuhannya. Semakin dimanjakan, belilah
produk sesuai kebutuhan. Karena dengan mengikuti perkembangan teknologi
otomotif tidak akan pernah ada batasnya. Semakin canggih maka semakin besar
pula biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatannya.
·
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar