Sabtu, 01 Desember 2012

tulisan 13

Kreatifitas Menghadapi Godaan Konsumerisme. 

Pada saat sekarang ini Museum di Indonesia sudah banyak. Namun pengunjung yang datang sangat sedikit. Seiring perkembangan zaman Museum semakin sepi dan ditinggalkan. Salah satu pengaruhnya masuknya budaya asing misalnya saja K-Pop dari Korea yang sedang boming dan digandrungi anak zaman sekarang. Pemuda-pemudi lebih senang ke Mall. Padahal Mall hanya memberi transaksi dan akhirnya mengeluarkan uang. 


Pendidikan di Indonesia masih hanya focus kepada pendidikan intelektual saja. Padahal manusia memiliki rasa dan rasa ini juga perlu dibangun. Rasa inilah yang tidak terlihat yang bisa kita rasakan saja. Sejak masa sekolah siswa diajarkan hukum ekonomi dimana bunyi hukum ekonomi adalah “modal yang sekecil-kecilnya untuk mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya”. 

Tetapi coba lihat jika datang ke Museum meskipun mengeluarkan uang tetapi banyak sekali manfaat yang kita dapatkan diantaranya dapat menambah nilai kebudayaan,menambah pengetahuan,menambah rasa cinta terhadap bangsa dan menambah inspirasi bagi siapa saja yang datang. Negara Adidaya adalah Negara yang mampu menginfrastruktur budayanya sendiri.  

Hal inilah yang membuat Kementrian kebudayaan terus gencar menggalakkan program agar masyarakat mau datang ke Museum. Saat ini Museum sebagai menarik Wisatawan luar. Tetapi masyarakat yang ada disekitar Museum malah jarang.  Mulai dengan  iklan di media cetak,media televisi,radio sudah dilakukan pemerintah daerah.

Mari datanglah ke Museum karena dengan ke Museum menjadi banyak manfaat. Banyak sekali budaya yang sudah ada. Kehendak untuk mensosialisasikan mengapa kita terlalu cepat untuk sedangkan Go Internasional sedangkan Go nusantara saja masih belum terpenuhi. 

Di Negara luar peran semua Pemerintah,swasta dan masyarakatnya sudah bergerak untuk memajukan Museum. Di Indonesia Museum dibuat agar tamu (turis asing) merasa senang tapi tidak membuat orang disampingnya  memiliki rasa memiliki. Museum secara historis adalah ruang kolonialis. Rekonsepsialisasi perlu dilakukan kepada museum agar lebih menarik.

Maka dari  itu diperlukan dari semua pihak berkatalah,bertindaklah,bergeraklah agar berguna secara luas. Museum memiliki nilai luhur yang terkandung didalamnya sangat besar. Rumah budaya ini mari kita kunjungi untuk mendapatkan inspirasi secara nilai. Mari kita satukan dan kita sinergikan untuk membangun masyarakat yang berbudaya. Museum sangat tepat merupakan cara membangun visi yang sempurna. Kalau bukan kita siapa lagi??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar