Sabtu, 05 Januari 2013

tulisan 14


FILOSOFI HIU KECIL

Di Negara Jepang masyarakatnya sangat menyukai ikan. Namun persediaan ikan dilautan semakin menipis. Nelayan jepang berfikir bagaimana cara mendapatkan ikan haruslah mencari ditengah,karena dipinggir pantai sudah sangat sulit untuk mendapatkan ikan. Pergilah Si nelayan mencari ikan ke tengah laut untuk mencari ikan. Setelah berhari-hari melaut dapatlah ikan. Namun ketika sampai didaratan apakah ikannya laku? Tidak,ikannya mati karena terlalu lama dilaut. Dan ikan pun tidak laku,karena orang Jepang tidak suka ikan mati.
 Akhirnya nelayan berfikir bagaimana caranya agar ikannya tetap segar. Mereka menaruh freezer didalam kapal. Pergilah si nelayan melaut kembali setelah dapat ikan,ikan dimasukkan kedalam freezer. Setelah dibawa ketepian apakah ikannya laku? Tidak,ikan pun tidak laku karena ikannya sudah beku dan orang Jepang tidak suka ikan yang beku. Nelayan berfikir lagi bagaimana caranya agar ikan tidak beku. Maka dibuatlah kolam ikan didalam kapal untuk menjaga ikan tetap dalam kondisi hidup. Mereka melaut lagi, Setelah dapat ikan,ikan dimasukkan kedalam kolam. Mereka bawalah ketepian. Apakah ikan tersebut laku? Ya laku namun harganya murah. Kenapa murah karena ikan tetap hidup namun ikannya malas karena terlalu lama menunggu terus dikolam. Sang nelayan berfikir lagi bagaimana agar ikan tersebut dalam kondisi gesit,lincah dan aktif  berenang. Akhirnya dimasukkanlah ikan Hiu kecil kedalam kolam penampungan ikan sementara dikolam. Hasilnya pun terbukti ikan menjadi gesit dan tetap segar karena selalu dikejar-kejar hiu.
Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari tulisan diatas? Untuk sukses kita tidak boleh malas. Agar memiliki nilai jual yang tinggi kita tidak boleh malas. Teruslah bergerak dan berkaya untuk kehidupan kita. Bayangkanlah kita menjadi ikan biasa dan kita pun akan terus berlari untuk dapat bebas dari gigitan Hiu.

Salam Sukses dan Mulia,.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar