Jumat, 30 November 2012

tulisan 12


Peternakan Kerbau Susu India

Di Daerah Sumatra Utara ada sebuah peternakan Kerbau  yang kerbaunya sendiri konon berasal dari negeri India.Pemiliknya sendiri pun orang india dia merupakan keturunan India Asli. Menurutnya Pada abad ke 18 Leluhurnyalah yang membawa Kerbau kerbau tersebut. Kerbau tersebut memang berbeda dengan kerbau yang ada di Indonesia yang kita pernah lihat. Mulai dari bentuk tubuhnya dan yang lebih keren kerbau ini dapat menghasilkan susu.


Dalam satu hari 1 ekor kerbaunya dapat menghasilkan 12 liter susu kerbau.  Sudah lama sekali peternakan ini ada di Sumatera Utara ini pemiliknya pun meski orang India tapi dia dapat berbicara bahasa Indonesia dengan lancar. Mereka  terdiri dari 3 kepala keluarga mengurus 45 ekor Kerbau dan dibantu 2 pemuda asal Sumatra Utara.

Namun kini seiring berjalannya  waktu sangat sedikit peminat yang mau membeli susu kerbau miliknya. Menurut penelitian kandungan gizi yang dimiliki Susu kerbau ini tidak kalah dengan susu sapi. Kurangnya sentuhan Teknologi dan uluran tangan Pemerintah Daerah untuk mendapatkan bantuan untuk mengembangkan peternakan kerbau sangat dikeluhkan pemilik Peternakan ini. kerbau-kerbau ini juga kesulitan untuk mendapatkan rumputnya.

Untuk mencukupi makanan kerbau sang pemilik pun harus membeli rumput dari derah lain. Terkadang  penjualan susu kerbau tidak habis terjual dan susu pun akhirnya dibagikan kepada para tetangga disekitar peternakannya.Dan tidak jarang juga penjual menjual kerbau mereka dengan harga yang murah dikarenakan kerbau yang mereka miliki berbeda demi mencukupi kebutuhan makan kerbau. Untuk itu sang Pemilik Peternakan sangat mengharapkan Bantuan Pemerintah Daerah untuk mebantu mengembangkan Peternakannya. 

Kesimpulan :
Menurut pendapat saya Jikalau saja peternakan itu dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Tentunya untuk mewujudkan itu semua bukan lah perkara yang mudah untuk itu Pemerintah Daerah harus lebih melihat rakyat yang ada di golongan bawah. Agar rakyat kecil dapat merasakan kesejahteraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar