Kamis, 04 Juli 2013

tulisan 18 TOU 2

Atur Gaji Anda 

Pendapatan bulanan harus diatur sedemikian rupa agar anda dapat hidup nyaman tanpa banyak beban, sekaligus memastikan bahwa masa depan anda, pasangan, dan anak akan terlindungi. 


Berikut beberapa hal yang patut diperhatikan, menurut para konsultan finansial, agar anda memiliki keuangan yg sehat.

Tabungan
Idealnya, pendapatan yang harus ditabung (saving ratio) berkisar antara 10-50 persen. Perhitungan tepatnya, harus memerhatikan 3 aspek. Pertama, jumlah dana tabungan yang sudah dimiliki saat ini. Kedua, besarnya cicilan yang masih ada. Ketiga, tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam 5-25 Tahun ke depan.

Utang
Idealnya, total seluruh hutang kita tidak boleh melebihi 30 persen penghasilan. Bila total utang anda terlalu besar, bisa jadi penghasilan tak akan cukup untuk membiayai pengeluaran lain.

Biaya kecil-kecil
Perhatikan pengeluaran yang sifatnya kecil-kecil, seperti membeli majalah atau Koran, membeli snack dikantor, ke salon, beli CD, dan sebagainya. Meski jumlah satuannya kecil, tapi bila dikumpulkan jumlahnya besar juga, lho!

Biaya makan diluar
Salah satu alasan mengapa kita sering tak bisa menyisihkan uang untuk ditabung adalah terlalu sering makan diluar. Sebenarnya, bila kita mau sarapan dan makan malam dirumah lebih sering, uang tak akan cepat habis begitu saja.

Dana Darurat
Usahakan agar anda dapat memiliki dana darurat. Jumlah idealnya, tiga kali jumlah pengeluaran bulanan anda. Gunakan dana darurat ini khusus pengeluaran yang sifatnya tak terduga atau tidak rutin (biaya pengobatan, dan lainya). Taruhlah dana ini dalam rekening agar anda bisa dengan cepat mengambilnya saat dibutuhkan. Dengan cara ini, pengeluaran bulanan anda tak akan tergangu oleh pengeluaran tak terduga.


Dikutip dan ditulis kembali dari [ Materi Briefing Morning BCA Cibitung]. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar