Kamis, 04 Juli 2013

tulisan 16 TOU 2

Alasan Mengapa Menua Itu Baik 

Manusia mencapai titik rendah pada usia 44 tahun
Riset para ahli di Amerika Selatan dan Inggris berdasarkan data yang dikumpulkan dari pria dan wanita di 80 Negara selama 35 tahun mengungkapkan, terlepas dari jenis kelaminan, kebangsaan, atau status ekonomi, manusia cenderung mengalami kesejah teraan dalam bentuk kurva “u” dengan tahun terkecil terpenuhi jatuh pada usia awal hingga pertengahan 40-an. Sehingga, semakin usia meningkat, kesejahteraan  pun turun meningkat.


Cara pandang membaik saat mencapai usia 50
Para penelitijuga menemukan bukti bahwa setelah kita mencapai usia 40-an atau setelah mengalami ‘krisis paruh baya “ …suasana hati  (mood) kita membaik, begitu juga dengan berbgai hal lainnya. Ini mungkin terjadi karena kita telah semakin cerdas, setidaknya mengenai beberapa hal.

Kita menjadi lebih “goal oriented”
Pada usia 20 hingga 30-an, kita mengatur standar yang tinggi terhadap diri sendiri baik secara personal maupun professional. Jika kita tidak mencapai tujuan tersebut dengan standar yang diinginkan saat mencapai 40-an, inilah saat dimana kita cenderung mengalami depresi dan ketidakpuasan yang terkait dengan usia menengah. Tetapi, ketia berusia 50-an, kita menjadi lebih realistis, lebih mementingkan hal-hal yang benar-benar penting yang dapat memberikan rasa pemenuhan, sehingga kemudian kita mulai dapat mengatur tujuan yang baru dan kembali focus untuk mencapainya.

Menemukan kepuasan di dalam pencapaian
Setelah memeriksa realita pada usia 40-an dan merumuskan kembali tujuan serta pembaharuan, kita menjadi lebih dapat menggunakan sisa usia dengan jelas dan menghargai proses darimana kita berasal, bagaimana kita dapat sampai disana, dan apa saja yang telah  kita capai disepanjang jalan.



Dikutip dan ditulis kembali dari [ Andriewongso ].


Tidak ada komentar:

Posting Komentar