Senin, 08 Oktober 2012

tugas 1 Teori Organisasi Umum 1


Rounded Rectangle: NAMA  : HENDRIK 
KELAS   : 2KA42 
NPM     : 13111297TEORI ORGANISASI UMUM 1
1.      Jelaskan apa yg dimaksud dengan Organisasi !
2.      Mengapa organisasi dikatakan sebagai wadah dan proses?
3.      Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing2 dan berikan contohnya?
4.      Ceritakan Pengalaman berorganisasi yang pernah anda lakukan!

Jawaban

1.      Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan,Organisasi adalah satu jenis wadah perlengkapan di masyarakat yang dibuat oleh orang-orang dengan tujuan dapat memperoleh efesiensi kerja tertentu yang sebesar-besarnya.
Organisasi itu sendiri dibentuk oleh orang-orang dengan tujuan tertentu yang dapat dipetik hasilnya secara bersama-sama, berarti cukup ditangani secara sendiri atau perorangan, maka orang-orang tidak akan membuat wadah yang disebut organisasi.
Masalah adalah segala sesuatu yang segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kepentingan organisasi yang memerlukan pemecahan dan pengambilan keputusan.
a) Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.

2.      Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Jadi, Organisasi sebagai wadah adalah tempat semua berlangsungnya kegiatan itu dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan
misalnya forum php adalah tempat kita berbagi semua pengetahuan tentang php dan di forum itu kita bisa berinteraksi dengan khayalak orang banyak dengan cara ngobrol atau biasa disebut dalam bahasa inggris "chatting"

Organisasi sebagai proses yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal. Baik saat pembagian kerja maupun cara bekerja sama.

3.      Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Contoh :ASEAN, Perseroan terbatas,organisasi Sekolah yang di kelola secara resmi terstruktur, Negara ,OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), dan lain-lain. contoh gambar ASEAN

Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, kelompok belajar bersama, kemping ke gunung atau ke puncak dengan teman, kelompok pecinta puisi disekolah.

4.      Pengalaman saya berorganisasi pada sebuah organisasi formal saya dapatkan sewaktu saya masih bekerja pada perusahaan manufaktur. Nama dari organisasi itu adalah QCC (Quality Control Circle) dimana organisasi ini dibentuk dari tiap masing-masing Departemen yang terdiri dari sekumpulan karyawan yang memiliki area kerja yang sama. Tujuan daripada organisasi ini menyelesaikan masalah, bagaimana mencari solusi terbaik dengan menggunakan beberapa metode. Tentunya masalah yang berhubungan dengan area kerja guna meningkatkan efektifitas dan produktifitas  dalam bekerja.

Saya juga pernah berorganisasi informal yaitu bersama teman kampus. Awalnya memang tidak direncanakan. Hanya saja sering berkumpul jadi kami sering buat suatu project yang berkaitan dengan mata kuliah yang sedang kami pelajari,belajar kelompok dan membuat suatu usaha kecil kecilan bersama meskipun belum maksimal dikarenakan kesibukan masing masing.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar