Sabtu, 28 April 2012

Tugab IBD Bab VIII Manusia Dan Pandangan Hidup


BAB VIII
1.     Manusia dan Pandangan Hidup

A.    Pengertian Dan Idiologi
Ideologi(pandangan hidup) adalah bagaimana manusia memandang kehidupan atau bagaimana manusia memiliki konsepsi tentang kehidupan. Akibat dari pandangan hidup yang berbeda-beda,timbullah pandangan hidup yang secara umum dapat dikelompok-kelompokkan yang disebut aliran atau paham. 

B.     Cita-Cita
Cita-cita  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti keinginan,harapan,dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Keinginan,harapan dan tujuan tesebut merupakan orientasi yangingin diperoleh seseorang pada masa mendatang. Dengan demikian,cita-cita mempunyai pandangan masa depan merupakan  pandangan hidup yang akan datang.

C.     Kebajikan  
Kebajikan mengandung arti perbuatan baik,sesuatu yang mendatangkan kebaikan. Dengan demikian maka kebajikan merupakan suatu tindakan (action) yang bersumber pada kebijakan,yaitu kepandaian ,kemahiran. Kata kebajikan dan kebijakan erat hubungannya dengan kebijaksaan,yaitu kepandaian mempergunakan akal budi dalam mencapai suatu tujuan atau memecahkan suatu persoalan.
·         Usaha dan Perjuangan  
Usaha dan Perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah  usaha/perjuangan. Kerja keras itu dapat  dilakukan dengan otak/ilmu maupun dengan tenaga/jasmani. Atau dengan kedua-duanya. Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia.
·         Keyakinan atau kepercayaan  
Keyakinan/kepercayaan  yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution,ada tiga aliran filsafat,yaitu aliran naturalisme,aliran intelektualisme,dan aliran gabungan.
·         Langkah pandangan hidup yang baik
Pandangan hidupjuga tidak terlepas dari masalah nilai dalam kehidupanmanusia pada umumnya. Oleh karena itu,pandangan hidup yang sempurna yang merupakan wujud pertama kebudayan tidakboleh lepas dari nilai budaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar