Sabtu, 28 April 2012

Tugas IBD BAB XI Manusia Dan Harapan


BAB XI
1.     Manusia Dan Harapan

A.    Pengertian Harapan  
Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu dapat terjadi. Sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian,harapan menyangkut masa depan. 

B.     Apa Sebab Manusia Mempunyai Harapan  
Manusia ingin memperoleh yang lebih baik dari pada yang telah dicapai masa sekarang apalagi dibandingkan dengan masa lalu. Sudah menjadi sifatnya manusia tidak pernah merasa puas. Disamping harapan-harapan yang telah terpenuhi ,selalu ada saja ada keinginan baru yang lain yang ingin diperoleh.

C.     Pengertian Doa  
Doa adalah senjata umat manusia karena dengan berdoa manusia senantiasa berdzikir/mengingat Tuhan. Dan didalam doa itu pun kita menyebut keagungan Tuhan dan memohon rahmat dan ampunanNya. Didalam setiap doa pasti ada harapan yang ingin dicapai.

D.    Kepercayaan  
Kepercayaan  berasal dari kata percaya  yang berarti menganggap atau mengakui bahwa sesuatu itu memang benar dan jujur,sehingga kepercayaan berarti anggapan bahwa sesuatu memang benar. Kepercayaan berhubungan erat dengan harapan karena dalam kepercayaan terdapat banyak harapan yang menyangkut masalah masa depan manusia. Oleh karena itu kepercayaan dibedakan atas tiga macam yaitu kepercayaan kepada diri sendiri,kepercayaan kepada orang lain atau masyarakat,dan kepercayaan terhadap Tuhan.

E.  Kepercayaan dan usaha untuk meningkatkan
a)      kepercayaan kepada diri sendiri   
kemampuan untuk percaya kepada diri sendiri tergambar sebagai kepribadian seseorang. Dengan percaya kepada diri sendiri,seseorang merasa yakin akan kemampuan dirinya dalam mencapai apa yang dicita-citakan atau diharapkan. Orang demikian memiliki kekuatan jiwa yang didukung oleh faktor-faktor lain yang dimilikinya. Sehingga apa yang diharapkannya dapat terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar