Sabtu, 28 April 2012

Tugas IBD BAB X Manusia Dan Kegelisahan


BAB X
1.     Manusia Dan Kegelisahan

A.    Pengertian kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tenteram hatinya,selalu merasa khawatir,tidak tenang,tidak sabar,cemas. Kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan keadaan seseorang yang tidak tentram hati maupun perbuatannya,merasa khawatir ,tidak tenag dalam tingkah lakunya,tidak sabar,ataupun dalam kecemasan.
·         Sebab-sebab orang gelisah  
Apabila kita kaji,sebab-sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman,baik ancaman dari luar maupun dari dalam.
·         Usaha mengatasi kegelisahan
Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus mulai dari kita sendiri,yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berfikir tenang,sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

B.     Keterasingan
Keterasingan bersal dari kata asing yang berarti tersendiri atau terpisah sendiri. Oleh karena itu keterasingan berarti hal yang terpisah tersendiri.

C.     Kesepian  
Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang,sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang atau tidak berteman.

D.    Ketidakpastian
 berasal dari kata tidak pasti yang berarti tidak menentu,sehingga kata Ketidakpastian merupakan hal yang tidak menentu. Dalam ketidak pastian,seseorang terombang-ambing antara ya dan tidak, sudah dan belum,jadi atau tidak,mau atau tidak mau,sehingga orang yang demikian selalu dalam keragu-raguan.

E.     Usaha Mengatasi Ketidakpastian  
Untuk mengatasi ketidakpastian,diperlukan adanya suatu keputusan (decision) agar sesuatu menjadi pasti dan orang tidak lagi dalam keadaan bimbang dan ragu. Untuk memperoleh keputusan yang tepat ,orang melakukan berbagai macam cara dan secara umum diperlukan suasana tenang atau dapat menenagkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar