Sabtu, 28 April 2012

Tugas IBD BAB IX Manusia Dan Tanggung Jawab


BAB IX
   Manusia dan Tanggung Jawab

A.    Pengertian Tanggung Jawab  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Bertanggung jawab menurut kamus tersebut adalah berkewajiban menanggung,memikul jawab,menaggung segala akibatnya.
·         Macam-macam tanggung jawab 
1)      Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri  
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajiban sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian dapat memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri.
2)      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga  
Keluarga merupakan masyarakat kecil.Keluarga terdiri dari suami-istri,ayah-ibu dan anak-anak,dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan,keselamatan,pendidikan,dan kehidupan.
3)      Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat  
Pada hakikatnya manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia lain,sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain,maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia disini  merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain agar dapat melangsungkan hidupnya tersebut
4)      Tanggung Jawab Terhadap Bangsa Dan Negara
Suatu kenyataan lagi,bahwa tiap manusia,tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berfikir,berbuat,bertindak,bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah,maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
5)      Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia dibumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab,melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukuman-hukuman tersebut segera diperingati oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan  akan melakukan kutukan.  Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai penciptannya. Bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya,manusia perlu pengorbanan. 

B.     Pengabdian dan Pengorbanan  
Pengabdian berasal dari kata abdi yang berarti hamba atau bawahan. Oleh karena itu,pengabdian diartikan sebagai perihal mengabdi atau memperhamba diri. Dengan demikian ,dalam pengabdian sekaligus dituntut adanya kesetiaan atau loyalitas kepada atasannya.

C.     Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan,sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian,pengorbanan yang bersifat kebaktian itu haruslah mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung rasa pamrih,jadi merupakan suatu pemberian yang benar-benar didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar