Selasa, 03 April 2012

tugas IBD Bab IV : Manusia Dan Cinta Kasih


BAB I
Manusia Dan Cinta Kasih
1.      Pengertian Cinta Kasih
Cinta kasih dapat diartikan sebagai  perasaan suka (sayang)  kepada  seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
2.Cinta menurut Ajaran Agama
“Atas  dasar inilah,agama memberikan ajaran cinta kepada manusia. Tidak kurang seorangnabi yang bernama Ibrahim mendapatkankritik tentang cinta. Suatu saat  Ibrahim mendambakan seorang anak.  Setelah lahir anakyang dicintainya (Ismail),ternyata cinta Ibrahim  kepada anaknya dapat menggeser cintanya kepada penciptanya sendiri sehingga Allah mencobanya dengan memerintahkan Ibrahim menyembelih anaknya. Perintah ini menumbuhkan konflik dalam diri Ibrahim,siapa yang  harus dicintaiinya,Allah atau anaknya”
Cuplikan peristiwa ini memberikan indikasi kepada kita bahwa cinta itu harus proposional dan adil,jangan lupa diri karena cinta. Untuk itu agama memberikan tuntunan tentang arti cinta.  
Cinta menurut ajaran agama diantaranya:
a)      Cinta Diri
kecenderungan  untuk menuntut segala sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya,dan menghindari dari segala sesuatu yang membahayakan keselamatan dirinya.
b)      Cinta kepada sesama Manusia
Allah memerintahkan kepada manusia untuk saling mencintai diantara sesamanya.
c)      Cinta seksual
Cinta seksual merupakan bagian bagian dari kebutuhan manusia yang dapat melestarikan kasih sayang,keserasian dan kerjasama antara suami dan istri. Seks meupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga.
d)     Cinta kebapakan
Cinta  Bapak kepada anaknya karena iya merupakan sumber kesenangan dalam kegembiraan baginya,sumber kekuatan dan kebanggan,dan merupakan faktor penting bagi kelangsungan peranbapak dalahkehidupan,dan tetap terkenangnya ia setelah meninggal dunia.
e)      Cinta kepada Allah
Puncak cinta manusia yang paling bening,jernih,dan spritual ialah cintanya kepada Allah,dan kerinduan kepadanya.
f)       Cinta kepada Rasul (Muhammad)
Cinta kepada Rasul Muhammad adalah peringkat kedua setelah cintalkepada Allah hal ini disebabkan karena Rasul Muhammad bagi kaum muslimin merupakan contoh ideal yang sempurna sebagai manusia baik dalam tingkah laku,moral,mupun berbagai sifat luhur lainnya.
g)      Cinta kepada Ibu-Bapak (Orang Tua)
Cinta kepada Ibu-Bapak (Orang tua) dalam ajaran Islam  adalah cinta yang paling mendasar menentuka ridho tidaknya Tuhan kepada manusia.  

3. Kasih Sayang

Kasih sayang diartikan sebagai cinta,kasih,atau amat suka akan sesuatu. Dengan demikian,maka saya memperkuat rasakasih seseorang yang diwujudkan dalam tindakan yang nyata,dan semuanya bersumber dari rasa cinta.

4. Kemesraan

Kemesraan Atau keakraban yang dilandasi rasa cinta dapat muncul dalam sifat-sifat romantik,terutama tampak dalam wujud gerak atau tingkah laku yang sedang bermesraan.

5. Pemujaan

Pemujaan berasal dari kata puja menurut kamus besar bahasa indonesia karya W.J.S.Poerwadarminta,kata puja berarti penghormatan atau tempat memuja kepada dewa-dewa atau berhala. Dalam perkembangannya kemudian ,pujaan dapat ditujukan kepada orang yang dicintai,pahlawan yang diagungkan,Dan Tuhan yang maha kuasa. Dalam pujaan,terkandung pengertian bukan sekedar dipuja tapi juga disucikan.

6.Belas Kasihan
Belas kasih (composian)adalah kebajikan -satu di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .
Ada aspek belas kasih yang menganggap dimensi kuantitatif, seperti individu belas kasih yang sering diberi milik  kedalaman,kekuatan atau gairah . Lebih kuat dari empati , merasakan umumnya menimbulkan aktif keinginan untuk meringankan penderitaan orang lain.. Hal ini sering, meskipun tidak pasti, komponen kunci dalam apa yang memanifestasikan dalam konteks sosial .Dalam etika istilah, berbagai ungkapan bawah usia yang disebut Golden Rule mewujudkan oleh implikasi prinsip kasih sayang: untuk orang lain apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda.


7.Cinta Kasih Erotis
Kasih sayang yang bersumber dari cinta erotis (sifat membirahikan), memang merupakan sesuatu sifat yang ekslusif(khusus) sehingga sering memperdayakan cinta yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar