Selasa, 30 April 2013

tulisan 7 TOU 2


KIAT MEMILIH DAN MEMULAI BISNIS

Saya percaya bahwa bisnis apapun yang kita buka, sepanjang bisa melakukan promosi, akan laku. Bahkan termasuk bisnis yang sudah banyak pemainnya sekalipun. Jadi saya pikir, memilih bidang bisnis yang pas memang penting, tapi lebih penting lagi bagaimana promosinya. Jadi pesan pertama saya buat anda, pelajari ilmu- ilmu yang berhubungan dengan promosi, marketing, dan public relation. Ilmu -  ilmu itu bagus untuk bisnis anda.


Sekarang, kalaupun anda masih bingung memilih bisnis apa yang cocok buat anda, saya usul sih, cobalah memilih bidang bisnis yang betul-betul spesifik. Salon,took baju, dan jasa perawatan diri itu terkesan umum. Bagaimana kalau bisnis yang mirip – mirip antara jasa perawatan diri dan salon? Sebagai contoh, bisnis yang berhubungan dengan waxing alias cukur bulu. Banyak kok perempuan yang punya kebutuhan besar untuk waxing bulu kaki, tapi bingung mesti datang kemana. 

Coba untuk spesifik dan ketahuilah bahwa spesialisasi adalah kunci kalau mau bisnis anda diingat orang. Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam membuka bisnis adalah bahwa apapun bisnis anda, cobalah untuk membuat sistem  yang baik dibisnis anda. Sistem ini maksudnya adalah sebuah pola kerja yang anda terapkan pada bisnis sehingga kalaupun anda sedang meninggalkan bisnis selama 1 bulan, 2 bulan,  bisnis tetap bisa berjalan dengan baik tanpa kehadiran anda. Prinsipnya, tiga hal tadi(1) belajar promosi,(2) spesifik dalam bidang usaha, dan (3) buat system.

Berikut sedikit tips yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat.
Sumber Koran Sindo  edisi jum’at 12 April 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar