Selasa, 30 April 2013

tulisan 9 TOU 2


“SIFAT-SIFAT DUNIA”


1.      Dunia adalah rendah yang akan musnah, ia tidak akan kekal bersama seseorang dan seorangpun tidak akan kekal bersamanya.
Allah berfirman “ Semua yang ada dibumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Tuhan-mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. “ (QS Ar- rahman [55]: 26-27) 


2.      Dunia adalah tipuan yang sangat memperdayakan manusia.
Allah berfirman “ Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah setan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentukan Al- “ (QS Fathir [35]: 5)
3.      Dunia adalah permainan dan senda gurau.
Allah berfirman : “Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan. “(QS Al-Hadid [57]: 20)
4.      Kerakusan terhadap dunia akan menjadikan seseorang tidak akan mendapat apa-apa kecuali neraka.
5.      Dunia akan membinasakan mereka yang merasa tenang dengannya dan terfitnah (tergoda) serta terlalaikan olehnya dari akhirat.
6.      Dunia akan menghinakan orang yang tenang dan bahagia dengannya.
7.      Dunia tidaklah akan menambah bagi pemujanya melainkan kemiskinan.
Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang akhirat sebagai cita-citanya maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya dan akan menolongnya dan dunia akan datang padanya dengan mudah. Dan barang siapa yang dunia menjadi harapannya maka Allah akan memberikan kemiskinan pada kedua mata (dihadapannya) dan Allah akan memorak-porandakan urusannya dan dunia tidak akan datang kecuali apa yang telah ditakdirkan.” (Shahih Jami : 6510)
8.      Dunia tidak ada nilainya disisi Allah.
Beliau bersabda : “seandainya jika dunia memiliki nilai disisi Allah seberat sayap nyamuk maka tentu orang kafir tidak akan diberi minum selamanya walaupun satu tetes. “ (shahih Ibnu Majah: 3334)
9.      Rasullah mewanti-wanti umatnya dari fitnah dunia.
Beliau Bersabda : Sesungguhnya dunia itu manis nan hijau dan Allah telah menguasakannya bagi kalian dan Ia melihat apa yang kalian  perbuat. Maka hati-hatilah kalian dari dunia dan berhati-hatilah kalian dari wanita. “(HR Muslim:2742)

Sumber : Buletin Al Furqon dalam sholat jum’at 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar